Rekor Muri di Kartini’s Return VI

Gugus Latih Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Racana Wijaya Universitas Negeri Semarang (Unnes) berhasil mencatatkan diri pada Museum Rekor Dunia-Indonesia (Muri) atas replika wajah Kartini terbesar. Kegiatan yang dilaksanakan sejak tanggal 21 sampai 29 April 2012 ini adalah serangkaian acara dari Kartini’s Return VI Tahun 2012, kegiatan lainnya adalah Pemilihan Putra Putri Kartini MIPA 2012, Lomba nyanyi, Lomba masak serta Lomba Pramuka antar SMA.
Piagam penghargaan diserahkan langsung oleh  Deputy Manager Muri Ariyani Siregar kepada dosen pembimbing Gugus Latih MIPA Drs Eling Purwantoyo MSi, di halaman parkir Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), kampus Sekaran, Sabtu (21/4).
“Ukuran usulan rekor semula adalah 4 X 6 meter, namun ketika dilakukan pengukuran langsung dilapangan ternyata lebarnya 4,2 merter dan tingginya 6,9 meter,” kata Ariyani Siregar.
Ketua Gugus Latih MIPA Racana Wijaya Adhitya Chandra mengatakan, replika ini dibuat dalam rangka memperingati hari Kartini tanggal 21 April 2012. Dibuat hanya semalam, mulai menempel pertama kali hari Jumat pukul 00.00 selesai Sabtu pagi pukul 08.00, dan memakan waktu 9 jam.
“Replika ini menghabiskan 5 karung batok, tiap karungnya seberat 30 kg jadi kurang lebih memerlukan batok kelapa 150 kg dikerjakan bersama-sama sekitar 20 orang dengan cara di lem,” tandas Adhitya.
Dia juga mengemukakan ide membuat replika ini berasal dari rapat-rapat anggota memasuki peringatan hari Kartini kemudian disepakati membuat replika wajah Kartini dari batok kelapa, karena pramuka itu identik dengan tunas kelapa dan batok kelapa kurang dimanfaatkan oleh masyarakat hanya untuk kayu bakar atau dibuat arang. “Maka kami menggunakannya untuk yang lebih bermanfaat,” kata Adhitya.
Adhitya menambahkan, tingkat kesulitannya itu pada waktu menempelkan karena permukaan batok tidak rata. “Di sisi lain batok harus merekat dengan kuat supaya tidak lepas, maka kami menggunakan lem cair,” pungkasnya.
Selain itu, dalam kegiatan Kartini’s Return terpilih Putra Putri Kartini MIPA 2012 yaitu Agus Susanto (Biologi 2010) dan Tri Utami (Biologi 2011). Persaingan yang ketat sejak babak penyisihan, semifinal dan final. Pemenang Putar Putri Kartini MIPA 2012 akan dikirim dalam ajang PAPIKA Unnes 2012 nantinya. Berakhir sudah serangkaian agenda Kartini’s Return VI, semoga semangat R.A Kartini selalu ada di dalam jiwa kita, kata salah satu panitia Kartini’s Return VI.

Penulis : JODY ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Rekor Muri di Kartini’s Return VI ini dipublish oleh JODY pada hari Wednesday, May 9, 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Rekor Muri di Kartini’s Return VI
 

0 comments:

Post a Comment